Monday, April 14, 2008

GOOD ANNOUNCER

Today on trax ada beberapa anak trax yang dateng dan kita sempet ngobrol ngobrol... salah satunya bilang sama Gue... Gue pengen banget jadi penyiar and i say "i dont see why not?", and she said "Gue ga bisa bahasa inggris", sooo emang jadi penyiar harus jago bahasa inggris? Menurut gue sih ga, ya at least dia ngerti bahasa inggris lah, jadi penyiar yang penting harus P.D. dan punya charisma sebagai penyiar, dia harus creative juga... Banyak penyiar radio di luar sana yang ga jago bahasa inggris tapi mereka punya 3C... 3C ini sangat penting dan 3C adalah ( Charisma, Character and Creative )

alrite im gonna give you RULES to be a good ANNOUNCER based on my 6 Years experience :)

1. Sebelum buka MIC lo harus bikin dirilo siap dulu ( siap apa yang bakal lo omongin nanti, dan bikin omongan lo itu ga kosong dan se kreatif mungkin )
2. MATERI SIARAN : ini paling penting kalo lo siaran single DJ dan lo ga punya materi siaran acara lo bakal kaya makan burger king ga pake apa-apa cuma sayur doank! tapi laen dengan siaran tandem yah, banyak penyiar radio tandem yang bagus tapi sebenernya siarannya ga ada materi sama sekali!... bahkan acara TV Swasta paling sukses MAMAMIA, SUPER SHOW berhasil membuktikan ke seriusan dan kekakuan dan keprofesionnalan ga menjamin acara akan tinggi ratingnya, semakin berantakan, semakin lucu dan semakin katro acara maka itu MENJUAL! ( kadang gue ga ngerti selera pasar kita )
3. BIKIN DIRI LO THE ONE AND ONLY! : banyak penyiar diluar sana yang punya pekerjaan kaya lo jadi bikin diri lo paling berbeda biar lo bisa survive.
4. You gotta have the SKILL to KILL : Kuasain semua jurus gila biar lo jago dalam semuuaaa dunia penyiaran, MIXING dan ADLIBING, tau artist-artist yang lagunya lo puterin, dan mau selalu BELAJAR dan TAU apa yang belom lo tau :)
5. LISTENER is THE KING : Listener lo itu adalah orang yang ngerasa lo adalah temen, sahabat, bahkan pacar padahal si penyiar ga kenal bahkan belom ketemu... jadi buatlah mereka raja :) buatlah mereka menaikan rating siaran lo dan radio lo ;)
6. Yang paling penting buat Gue jadi penyiar harus punya THEATER of MIND! seorang penyiar yang bagus harus bisa bikin pendengarnya berada di tempat yang sama kaya penyiarnya karena si penyiar cerita THEATER of MINDnya... cool huh?

well for all of you out there yang mau jadi penyiar tapi ragu... jangan ragu... yang penting lo harus P.D. aja dan lo harus yakin lo bisa :)

2 comments:

Sheila Safira / SheSa Isnadi said...

makasih yaaa buat ilmunya bapak dmust... ;)

tammi prasetyo said...

kayaknya jd penyiar itu seru juga ya.. hehe jd pengen.. :)